Senin, 21 Maret 2011

SAYED ALI KHAMENEI (RAHBAR) DALAM PESANNYA DI HARI RAYA NOURUZ



Iran's Foreign Ministry spokesman Ramin Mehmanparast

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Pesan Nouruz Rahbar: 1390 HS, Tahun Jihad Ekonomi
بسم‌الله‌الرّحمن‌الرّحیم
یا مقلّب القلوب و الأبصار، یا مدبّر اللّیل و النّهار، یا محوّل الحول و الأحوال، حوّل حالنا الی احسن الحال



Wahai Yang membolak-balikkan hati dan pandangan! Wahai yang mengatur malam dan siang! Wahai Yang membuat tahun dan keadaan silih berganti datang! Ubahlah kondisi kami kepada kondisi yang terbaik!

Kepada seluruh masyarakat di negara kita ini, kepada semua rakyat Iran yang berada di berbagai negara dan seluruh penjuru dunia serta kepada bangsa-bangsa lain yang merayakan hari nouruz, saya ucapkan selamat atas tibanya hari raya nouruz dan kedatangan musim semi dan tahun baru ini. Ucapan selamat saya sampaikan lebih khusus kepada mereka dan segenap keluarga yang mengabdi kepada negara, revolusi Islam dan pemerintahan ini; kepada keluarga para syuhada yang mulia; kepada para veteran cacat perang dan keluarga mereka; serta kepada keluarga para petugas negara yang sudi berpisah dari keluarga di saat keluarga-keluarga yang lain berkumpul di rumah mereka demi tugas penting yang mereka emban. Saya berharap, insya Allah, berkat kemurahan dan rahmat Ilahi, tahun yang kita jelang ini akan mendatangkan keceriaan, berkah dan nikmat serta kesuksesan di semua bidang bagi bangsa Iran.

Tentunya peristiwa-peristiwa pahit yang dialami rakyat di berbagai negara seperti Bahrain, Yaman dan Libya telah membuat hari raya ini terasa pahit bagi kita semua dan menghalangi kita untuk merayakannya dengan penuh kegembiraan. Kita berharap semoga Allah Swt memberikan kelapangan segera kepada bangsa-bangsa tersebut -rakyat Bahrain, Yaman dan Libya- dan menghukum musuh-musuh mereka.

Ied atau hari raya adalah gerakan alamiah manusia sepanjang tahun, bulan dan hari, baik petang maupun malam. Gerakan ini mesti menanjak ke arah kesempurnaan dan ketinggian. Karena itu, ied merupakan periode bagi manusia untuk bisa memulai satu periode yang baru. Berkat taufik dan kemurahan Ilahi, kita, bangsa Iran, telah melakukan banyak pekerjaan besar pada tahun 1389 HS. Kita telah menamakan tahun 1389 HS dengan nama ‘Tahun Tekad Ganda dan kerja Ekstra'. Syukur alhamdulillah, sepanjang tahun ini slogan tersebut telah terealisasi. Saya bahkan dapat mengklaim bahwa slogan yang selama ini menjadi perhatian besar rakyat dan para pejabat negara sehingga mempengaruhi kinerja dan kondisi negara adalah slogan ‘Tekad Ganda dan Kerja Ekstra' ini. Syukur alhamdulillah, dalam perjalanan tahunan, rakyat dan pemerintah benar-benar menunjukkan komitmennya dengan slogan ‘Tekad Ganda dan Kerja Ekstra'. Di bidang ekonomi, politik, partisipasi besar rakyat dalam berbagai momen terkait perkembangan politik dan perjalanan revolusi, juga di bidang keilmuan, teknologi, kebijakan luar negeri dan berbagai bidang lainnya, kita menyaksikan terealisasinya pekerjaan-pekerjaan besar yang melibatkan para pejabat negara, baik dari lembaga eksekutif, legislatif maupun yudikatif, khususnya lembaga eksekutif atau pemerintah yang sepanjang tahun lalu telah menggarap banyak pekerjaan besar termasuk diantaranya pelaksanaan program subsidi terarah. Pekerjaan besar ini telah dimulai dan kami berharap insya Allah program ini akan terlaksana dengan baik.

Yang saya rasakan secara umum adalah bahwa negara kita -alhamdulillah- sudah berada di jalan kemajuan. Langkah yang baik ini sudah dimulai. Tentunya, gerakan yang semakin hari semakin cepat terpacu ini terjadi berkat kerja keras para pejabat negara dan bangsa Iran sepanjang tahun-tahun yang lalu. Tapi alhamdulillah roda gerakan ini berputar semakin cepat. Misalnya terkait produksi ilmu, data yang dikeluarkan oleh lembaga-lembaga keilmuan dunia menunjukkan bahwa sumbangsih negara kita dalam kemajuan sains dan produksi ilmu di dunia tercatat lebih dari sebelas persen. Padahal, dari sisi populasi negara kita hanya satu persen dari jumlah penduduk dunia. Di samping itu, negara yang menempati urutan kedua setelah kita hanya memberikan sumbangsih kurang dari enam persen. Karena itu, kemajuan negara kita di berbagai bidang -alhamdulillah- sudah sangat bagus. Gerakan yang cepat dan disertai dengan keseriusan dan tekad ini harus tetap berjalan, insya Allah.

Dari keseluruhan masalah dalam negeri ini, jika orang hendak melihat apa yang mesti menjadi perhatian besar kita di tahun 1390 HS adalah bahwa salah satu masalah paling substansial yang menjadi acuan bagi musuh-musuh bangsa Iran dan negara kita dalam upaya memukul negara ini adalah masalah ekonomi. Tentunya mereka juga bekerja keras di sektor budaya, politik, atau monopoli sains. Namun dalam masalah ekonomi mereka punya perhatian yang lebih khusus. Embargo yang sering diungkap oleh musuh atau telah dijatuhkan terhadap bangsa Iran ditujukan untuk memukul sendi-sendi perekonomian negara kita dan melumpuhkannya dari gerakannya yang cepat. Memang target yang mereka kejar tak pernah bisa terwujud. Mereka tak berhasil mendapatkan apa yang mereka maukan lewat embargo. Kiat-kiat dan kebijakan yang diambil oleh para pejabat negara kita serta kebersamaan rakyat berhasil mengalahkan konspirasi musuh. Tapi mereka terus berusaha. Karena itu, di tahun berikutnya yang saat ini sudah dimulai, perhatian kita mesti difokuskan pada masalah-masalah yang paling penting nagi negara, dan menurut saya masalah yang paling inti adalah masalah ekonomi. Mengingat masalah ini, saya menamakan tahun ini dengan tahun ‘Jihad Ekonomi'. Saya berharap kepada para pejabat negara baik yang bertugas di pemerintahan, di parlemen, maupun di instansi-instansi lainnya yang berhubungan dengan ekonomi, juga kepada rakyat untuk bekerja di bidang ekonomi dengan semangat jihad. Gerakan yang biasa-biasa saja tidak cukup. Di medan ini gerakan harus cepat dan disertai dengan semangat jihad.

Anda tentunya menyadari bahwa kita saat ini sudah berada di tahun ketiga dari dekade kemajuan dan keadilan. Memang terkait kemajuan juga keadilan dalam skala yang relatif sudah ada banyak pekerjaan yang terlaksana. Tetapi kita harus melangkah untuk mewujudkan dekade ini menjadi manifestasi nyata dari kemajuan dan tegaknya keadilan di negara kita. Alhamdulillah, dengan transformasi yang saat ini terjadi di Dunia Islam orang merasa bahwa berkat taufik dari Allah, dekade ini juga akan menjadi dekade kemajuan dan keadilan bagi kawasan.

Kami berharap semoga Alah Swt memberikan kemurahanNya kepada Anda sekalian, bangsa Iran, kepada para pejabat negara yang terhormat, dan kepada Anda para pemuda yang mukmin, bersemangat, aktif dan penuh potensi. Dan semoga doa Hazrat Baqiyyatullah (arwahuna fidahu) meliputi Anda semua. Kita semua mengenang para syuhada dan pemimpin besar kita. Semoga berkat arwah insan-insan luhur itu Allah Swt melimpahkan rahmat, kemurahan, berkah, keridhaan dan ampunanNya kepada bangsa Iran. Wassalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. (IRIB/Khamenei.ir/AR)

Rahbar Nouruz Messages: 1390 HS, Year Economic Jihad
بسماللهالرحمنالرحیم
یا مقلب القلوب و الأبصار, یا مدبر اللیل و النهار, یا محول الحول و الأحوال, حول حالنا الی احسن الحال

O The tossing and turning the hearts and views! O is set of night and day! O What makes this year and the state turns to come! Change our condition to condition the best!

To all the people in our country, to all Iranians who are in different countries and all over the world and to other nations who celebrate the day nouruz, I say congratulations on the arrival of the holiday nouruz and arrival of spring and the new year. My congratulations to convey more specific to them and all the families who serve the country, the Islamic revolution and this administration, to the noble families of martyrs; to disabled war veterans and their families, as well as to the families of state officials who refused to separate from the family in while other families gathered at their home for an important task that they entailed. I hope, God willing, thanks to divine mercy and grace, that we are ahead of this year will bring happiness, blessings and blessings and success on all fronts for the Iranian people.

Surely bitter events experienced by people in various countries such as Bahrain, Yemen and Libya have made this holiday was bitter for all of us and prevent us to celebrate with great joy. We hope that Allah gives spaciousness immediately to the nations-the people of Bahrain, Yemen and Libya, and punish their enemies.

Or the feast of Eid is a natural human movement throughout the year, month and day, good evening and night. This movement should climb towards perfection and elevation. Therefore, ied is the period for humans to be able to start a new period. Taufik blessing and mercy of Divine Providence, we, the Iranian nation, has done a lot of great work in 1389 at the HS. We have named the HS in 1389 with the name 'Year Doubles Commitment and Extra work'. Thank God, so far this year the slogan has been realized. I can even claim that the slogan which has been the major concern of the people and state officials that affect the performance and condition of the country is the slogan of 'Dual Commitment and Labour Extras' this. Thank God, the annual trip, the people and the government really showed its commitment with the slogan 'Dual Commitment and Extra Work. " In the field of economics, politics, participation of the people at various times and travel-related political developments of the revolution, also in the field of science, technology, foreign policy and many other fields, we witnessed the realization of the great works that involve state officials, both from institutions executive, legislative and judicial branches, especially the executive branch or the government over the past year has worked on many large jobs including targeted subsidy program implementation. This great work has begun and we hope, God willing, this program will be implemented well.

What I feel in general is that our country-thank God-already are on the road of progress. A good move has already started. Obviously, the movement that is increasingly rapidly accelerated this happened thanks to the hard work of state officials and the Iranian nation during those years ago. But alhamdulillah wheel is spinning faster and faster movement. For example, production-related science, data released by the world scientific institutions show that the contribution of our country in the progress of science and knowledge production in the world carrying more than eleven percent. In fact, from the side of our state population is only one percent of the total world population. In addition, the country ranks second after we only contribute less than six percent. Therefore, the progress of our country in various fields-thank God-is very good. Rapid movement and is accompanied with seriousness and determination of this must go on, God willing.

From the whole problem in this country, if people want to see what should be our major concern in the year 1390 that HS is one of the most substantial problem is the reference for the enemies of the Iranian nation and our country in an effort to hit this country is a matter of economics. Of course they also work hard in the sector of cultural, political, or scientific monopoly. But the economic problems they have more specialized attention. Embargoes are often revealed by the enemy or has been imposed against the Iranian nation is intended to hit the joints and incapacitate our country's economy from rapid movements. It targets that they are pursuing can never be realized. They never managed to get what they maukan through embargo. The tips and measures taken by officials of our country and the togetherness of the people managed to defeat the conspiracy of the enemy. But they kept trying. Therefore, at this time next year already begun, our attention should be focused on the issues most important Nagi countries, and in my opinion the most central problem is economic problems. Given this problem, I named this year by year 'Economic Jihad'. I look forward to a good state officials who served in government, in parliament, and in other agencies associated with the economy, also to the people to work in the field of economics with the spirit of jihad. Movement of the ordinary is not enough. In this field must move quickly and be accompanied by the spirit of jihad.

You surely realize that we are now in the third year of the decade of progress and justice. It is also related to the progress of justice in the relative scale has been a lot of work has been completed. But we must move to make this decade a real manifestation of progress and justice in our country. Alhamdulillah, with the transformation that is currently happening in the Muslim world people feel that taufik blessing from God, this decade will also be a decade of progress and justice for the region.

We hope that Alah swt give mercy to you all, the Iranian nation, the state officials who honorable, and to you a believer young, vibrant, active and full of potential. And may the prayer of Hazrat Baqiyyatullah (arwahuna fidahu) includes all of you. We all remember the martyrs and our great leaders. Hopefully, thanks to the noble spirit beings that Allah bestow mercy, mercy, grace, pleasure and ampunanNya to the Iranian nation. Wassalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. (IRIB / Khamenei.ir / AR)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar